Adat dan Budaya Lokal yang Kian Tergerus Perkembangan Zaman

Adat dan Budaya Lokal yang Kian Tergerus Perkembangan Zaman

Negara Indonesia terkenal akan keberagaman adat istiadat maupun budaya lokal, setiap daerah di Nusantara memiliki adat maupun kebudayaannya masing – masing. Perkembangan zaman yang kian santer ternyata mempengaruhi kelestarian adat maupun budaya yang ada.

Semakin berkembangnya sebuah peradaban dan tekhnologi ternyata juga makin menggerus kebudayaan yang sudah ada sejak zaman nenek moyang. Para kaum muda lebih menyukai kebudayaan ala negara barat, yang mana menurut mereka lebih keren dan kekinian ketimbang kebudayaan asli Indonesia.

Sahabat Rantauan, keanekaragaman baik adat maupun budaya di Indonesia tentunya tidak lepas dari yang namanya pengaruh agama dan juga beberapa hal lainnya. Dari mulai adat suku Jawa yakni siraman, upacara ngerik hingga ritual kacar kucur. Beberapa kebudayaan yang ada ini bahkan juga bisa menarik minat para turis lokal maupun dari manca negara.

Namun mirisnya kita sebagai generasi penerus terkadang malah lebih memilih kebudayaan asing, yang mana sangat jauh dari kebudayaan maupun adat masyarakat Indonesia. Tidak sedikit wisatawan manca negara yang sengaja datang ke Bali guna mengikuti acara kebudayaan yang memang sangaat identik tersebut.

Internet Jalan Masuk Kebudayaan Asing

Perkembangan zaman pada bidang tekhnologi internet  merupakan salah satu jalan masuknya kebudayaan asing di Indonesia. Pada era serba digital seperti saat ini memanglah semua orang bisa dengan mudah melihat sesuatu yang ada di Internet. Semua tersedia dan bisa diakses oleh siapapun, mulai film – film, sosial media hingga kebudayaan dari negara – negara luar.

Pemerintah sendiri sudah dengan gencar membatasi apa saja yang bisa di buka dengan internet, namun ternyata banyak oknum yang tetap menyalahgunakannya. Menanamkan kesadaran akan pentingnya melestarikan adat dan budaya seharusnya sudah sejak dini, sehingga generasi penerus kita mau dan sadar akan apa pentingnya adat maupun budaya lokal.

Memang tidak masalah budaya asing masuk ke Indonesia, namun terkadang budaya itu sendiri tidak cocok dengan moral masyarakat Indonesia. Kita sebagai generasi penerus tentunya harus mau dan bangga akan budaya maupun adat istiadat yang ada.


Belum ada Komentar untuk "Adat dan Budaya Lokal yang Kian Tergerus Perkembangan Zaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel