Vaksin Covid-19 Kabarnya Segera di Edarkan, Amankah?

Vaksin Covid-19 Kabarnya Segera di Edarkan

Pemerintah berupaya semaksimal mungkin untuk menekan tingginya pertumbuhan virus corona di tanah air. Mulai dari kewajiban masyarakat menerapkan protokol kesehatan, berlakunya aturan PSBB, sampai dengan mendatangkan vaksin. Pemerintah mendatangkan vaksin Covid-19 dari China. 

Begitu mendarat di tanah air, vaksin langsung masuk tahap pengujian yang ketat. Jika pengujian ini sudah selesai, barulah pemerintah membagikan ke masyarakat. Kabarnya, dalam waktu dekat pemerintah mengedarkan vaksin. Benarkah? Apakah Vaksin ini sudah benar-benar aman? 

Benarkah Vaksin Covid-19 Sudah Aman?

Menjawab isu sekaligus ketakutan masyarakat terhadap efek samping vaksin Covid-19 yang didatangkan dari China beberapa waktu lalu, sejumlah tahap pengujian pun dilakukan, dan sekarang sudah selesai.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin penggunaan vaksin Covid-19 Sinovac kepada masyarakat. BPOM menerbitkan izin edar setelah melakukan pengkajian pada hasil uji klinis tahap III di Bandung. Bahkan BPOM juga sudah melakukan pengkajian terhadap hasil uji dari Turki dan Brasil. Dengan terbitnya surat izin ini, pemerintah bisa melakukan vaksinasi dalam waktu dekat. 

Apakah vaksin ini benar-benar aman? BPOM memastikan vaksin asal Sinovac ini aman. Kesimpulan ini mereka dapat setelah melakukan pengujian klinis. Tak hanya melakukan pengujian, BPOM meneliti manfaat dan juga efikasi dari vaksin ini. 

Vaksin Covid-19 asal Sinovac bisa menciptakan antibodi, dan juga menetralkan virus yang bersarang di dalam tubuh, khususnya coronavirus. Apakah vaksin ini menimbulkan efek samping? Sinovac menimbulkan efek samping dalam kategori ringan sampai sedang. Meskipun begitu, efek samping masih bisa ditoleransi oleh tubuh kita, tidak membahayakan.

Pemerintah Segera Bagikan Vaksin ke Masyarakat

BPOM menerbitkan izin edar untuk vaksin Covid-19, sehingga pemerintah tidak lagi menunda untuk membagikannya ke masyarakat. Rencananya, pemerintah menggelar vaksinasi pada masyarakat dalam waktu dekat. 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi mengatakan, pemerintah memulai vaksinasi apabila BPOM sudah mengeluarkan izin vaksin untuk penggunaan darurat. Hal ini bertujuan untuk menjamin keselamatan dan juga keamanan masyarakat. 

Terbitnya izin edar dari BPOM adalah bukti kelayakan vaksin Covid-19, dan jaminan keamanannya. Jadi, tidak ada lagi alasan bagi pemerintah menangguhkan vaksinasi kepada masyarakat. Dan juga tidak ada alasan masyarakat untuk merasa takut.

Belum ada Komentar untuk "Vaksin Covid-19 Kabarnya Segera di Edarkan, Amankah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel